Wednesday, November 7, 2018

Seekor Hiu Paus Sering Muncul di Perairan Teluk Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com- Video penampakan seekor hiu paus di perairan Teluk Jakarta tersebar di media sosial lewat akun Instagram @jktinfo, Rabu (7/11/2018).

Dalam video berdurasi 53 detik tersebut, seekor hiu paus tampak berenang di permukaan air dekat perahu yang ditumpangi oleh pengambil gambar.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Hardiman menyatakan, spesies hiu paus tutul memang cukup sering terlihat di perairan Teluk Jakarta.

"Anggota saya sering menyaksikannya mas, sudah hampir lebih dari lima kali dalam waktu dua tahun, itu sudah termasuk sering, itu yang ketahuan ya," kata Yusen kepada Kompas.com, Rabu sore.

Baca juga: Mengapa Kita Dilarang Menyentuh Hiu Paus?

Yusen menuturkan, kemunculan hiu paus itu merupakan tanda ekosistem Teluk Jakarta yang masih baik untuk kehidupan ikan itu. Ia menyebut, hiu paus muncul ke permukaan untuk mencari makanan.

"Menurut ahli laut, dia keluar karena lapar cari plankton. Dia kan makannya plankton sama udang-udang kecil," ujar dia.

Yusen menambahkan, hiu paus tutul itu bisa ditemukan 20 menit dari Dermaga Marina atau Pelabuhan Muara Angke di sekitar Pulau Onrust, Pulau Kecipir, dan Pulau Bidadari. Ia pun memastikan hiu paus tutul tidak menyerang kapal yang berlayar di sekitarnya.


Let's block ads! (Why?)

Baca Di sini Bro https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/07/18275901/seekor-hiu-paus-sering-muncul-di-perairan-teluk-jakarta

No comments:

Post a Comment