Monday, January 14, 2019

Pintar Menyamar, 5 Binatang Ini Mempunyai Tubuh yang Nyaris Transparan - Semua Halaman - Bobo

Bobo.id - Makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan mempunyai berbagai cara untuk menghidari serangan predator, teman-teman.

Seperti cicak yang memutuskan ekornya untuk mengalihkan perhatian predator atau bunglon yang menyamar dengan cara mengubah warna tubuhnya.

Selain menggunakan cara-cara tadi, ada beberapa hewan yang menghindari serangan predatornya dengan mempunyai tubuh yang nyaris transparan atau tidak terlihat, lo.

Cahaya yang mengenai tubuh mereka akan dibelokkan agar tidak memantulkan cahaya dan membuat mereka tidak terlihat, nih.

Baca Juga : Siput Paling Kesepian Sekaligus Siput Pohon Hawaii Terakhir Mati

Apa saja, ya, hewan yang memiliki tubuh yang nyaris transparan?

1. Gurita Kaca

Hewan ini dinamai gurita kaca karena mempunyai tubuh yang warnanya nyaris transparan. Cahaya juga bisa menembus tubuh mereka, teman-teman.

Karena tubuhnya yang berwarna nyaris transparan, beberapa bagian dalam tubuhnya bisa terlihat dengan jelas, seperti usus, saraf optik, dan mata.

Beberapa bagian gurita kaca masih terlihat karena beberapa alasan, teman-teman, seperti mata yang membutuhkan cahaya agar bisa melihat dengan jelas.

Agar bisa berfungsi dengan baik, mata perlu menyerap cahaya, sehingga tidak mungkin gurita gelas mempunyai mata yang berwarna transparan.

Nah, agar bagian tubuh lainnya yang berwarna tidak menarik perhatian predatornya, gurita kaca memanfaatkan matanya yang panjang, teman-teman.

Mata gurita yang panjang bisa meminimalkan bayangan gurita yang dilemparkan ke bagian bawah, lo, sehingga kecil kemungkinan untuk predator yang berada di bawah gurita kaca bisa melihat hewan ini.

2. Cumi Gelas

Sama seperti gurita kaca, cumi gelas juga memiliki tubuh yang hampir tidak terlihat, tapi mempunyai mata yang masih terlihat dan mempunyai warna yang buram.

Baca Juga : 7 Hal yang Hanya Dimengerti Pemilik Kucing, Bagaimana dengan Kamu?

Mata cumi gelas yang tidak berwarna transparan bisa memancing predator untuk memangsa mereka, tapi cumi gelas mempunyai trik kamuflase agar predator tidak mengetahui keberadaannya, nih, teman-teman.

Cumi gelas menggunakan organ di bawah matanya yang bernama photopores untuk menghasilkan trik cahaya yang disebut kontra-iluminasi.

Trik ini membuat cahaya yang melalui mata cumi gelas terlihat sangat mirip dengan sinar matahari yang bersinar dari atas, sehingga membuat cumi gelas tidak terlihat sama sekali.

Hal ini akan membuat predator yang berenang di bawah cumi gelas tidak menyadari keberadaan cumi ini karena warnanya berubah menjadi transparan, lo.

Ada 60 spesies cumi-cumi di seluruh dunia, dan hampir seluruh spesies cumi-cumi ini transparan, lo.

3. Tomopteris

Tomopteris adalah kelompok plankton cacing laut yang hampir seluruh bagian tubuhnya berwarna transparan, lo.

Meskipun tidak memiliki warna atau transparan, ada sekitar 11 spesies dalam kelompok ini yang bisa menghasilkan warna yang terang.

Cacing laut tomopteris kebanyakan berwarna kebiruan yang berkilau, tapi salah satu spesies, yaitu Tomopteris nisseni bisa menghasilkan cahaya berwarna kuning.

Baca Juga : Bunga yang Wangi Semerbak Ini Dapat Mengakibatkan Cegukan, Pernah Menemukannya?

O iya, cacing laut Tomopteris punya kemampuan yang unik, nih, teman-teman, karena bisa menipu predator dengan melepas bagian tubuh mereka yang bercahaya.

Predator kemudian justru akan mengejar bagian yang bercahaya ini dan tomopteris akan melarikan diri dari predator tadi.

4. Kupu-kupu Sayap Gelas

Ternyata tidak hanya makhluk laut saja, lo, yang mempunyai tubuh transparan, tapi juga makhluk darat, yaitu kupu-kupu sayap gelas.

Kupu-kupu sayap gelas atau Greta oto seperti namanya, mempunyai sayap yang transparan seperti gelas, dan hidup di daerah Amerika Tengah.

Tidak seluruh bagian kupu-kupu sayap gelas berwarna transparan, nih, teman-teman, tapi sayapnya yang berwarna transparan bisa mengecoh predator saat kupu-kupu ini terbang.

Sayap transparan yang dimiliki kupu-kupu ternyata disebabkan oleh nanopillars, yaitu benjolan berukuran sangat kecil yang tersebar secara acak dan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Karena tersebar secara acak dan memiliki ukuran yang sangat kecil, maka bisa membantu kupu-kupu meminimalisir pantulan cahaya dari sayapnya.

Nanopillars membuat cahaya bergerak lurus saat melewati sayap kupu-kupu ini, sehingga tidak bisa menghasilkan pantulan cahaya, lo.

Baca Juga : Ada Kucing Berponi sampai Punya Alis, Ini 7 Corak Bulu Kucing yang Unik dan Lucu

5. Moluska Transparan

Makhluk darat lainnya yang mempunyai tubuh yang tembus pandang adalah dari kelompok moluska, nih, teman-teman, yaitu siput tembus pandang atau Zoepeum tholussum.

Siput tembus pandang ini ditemukan di dalam gua di Kroasia yang hidup 980 meter di bawah tanah di Gua Lukina Jama-Trojama.

Saat ditemukan, siput ini hidup di salah satu rongga gua yang dipenuhi oleh batu dan pasir dan juga memiliki sebuah sungai kecil.

Para peneliti mengatakan siput ini termasuk dalam siput darat miniatur yang tidak bisa menggerakkan tubuhnya sendiri dan kemungkinan memanfaatan aliran air untuk berpindah tempat, lo.

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

Let's block ads! (Why?)

Baca Di sini Bro http://bobo.grid.id/read/081601424/pintar-menyamar-5-binatang-ini-mempunyai-tubuh-yang-nyaris-transparan?page=all

No comments:

Post a Comment