Sunday, November 4, 2018

Hiu-hiu Tutul Bermunculan di Perairan Probolinggo, Ini Penampakannya

Probolinggo - Belasan hiu tutul kembali bermunculan di Perairan Probolinggo, tepatnya di Perairan Pantai Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Senin (5/11/2018).

Dan hari ini 2 ekor hiu tutul terlihat petugas Sat Pol Air Polres Probolinggo, sedang berenang. Masing-masing, ada yang berukuran 6 meter dan 8 meter.

Sementara di Perairan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, petugas Polair kembali melihat sekitar 17 ekor Whale Shark berbagai ukuran, sedang mencari plankton, makanan kesukaannya.

Kasatpol Air Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, keberadaan kawanan hiu tutul sudah mulai muncul sejak beberapa pekan terakhir.

Biasanya kawanan hiu tutul itu keliling mulai perairan Kecamatan Tongas, menuju sekitar Perairan Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih. Hiu-hiu itu bermain di sekitaran Pantai Bentar, Kecamatan Gending.

Penampakan hiu tutul bermunculan di Laut Probolinggo/Penampakan hiu tutul bermunculan di Laut Probolinggo/ Foto: M Rofiq

Kasatpol menyebut kemunculan kawanan hiu tutul di Perairan Probolinggo, karena migrasi mencari makan.

"Kawanan Hiu Tutul ini untuk migrasi mas, biasanya mereka mencari plankton-plankton di laut untuk sumber makanannya," terangnya.

Dia menjelaskan kemunculan hiu tutul pada puncaknya terjadi di akhir tahun. Yakni, sekitar bulan November hingga Desember mendatang.

"Biasanya banyak kemunculan hiu tutul, di akhir-akhir tahun mas. Utamanya di utara Pelabuhan Tanjung Tembaga, mereka bermain-main di sana," tambahnya.

Sementara untuk memantau keberadaan hiu tutul agar aman dan tidak terganggu, petugas Sat Pol Air Polres Probolinggo berencana memperketat pengawasan di sepanjang Perairan Probolinggo.

Migrasi kawanan hiu tutul ini akan berkeliaran mencari plakton makanan kesukaannya dan berada di perairan pantai utara Jawa hingga Februari 2019.
(fat/fat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Di sini Bro https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4287664/hiu-hiu-tutul-bermunculan-di-perairan-probolinggo-ini-penampakannya

No comments:

Post a Comment